Friday, January 28, 2005

Lounge, Pub, Cafe, Bar, Saloon, Diskotik

Ahh.. language and terms.. :)

Saya sering bingung denger orang ngomong untuk bedain mana yang cafe, pub, bar, dll.. Nah, beberapa tahun lalu, secara iseng-iseng saya pernah nyari-nyari infonya.. eh, susah juga, soalnya ga ada batasan fix diantara makhluk-makhluk itu..

In short, ini kesimpulan penuh BYKS (Benerin Yak Kalo Salah)..

Cafe:
dari bahasa prancis yang artinya "kopi" (Peter saking prancis, BYKS!), atau bahasa
turki "kahve" yang artinya.. kopi juga. Secara sederhana adalah restoran/ rumah makan kecil yang umumnya menjual makanan ringan dan refreshment, yang biasanya berupa minuman kopi. Jadi, in short ini adalah Warung Kopi (tempat alm Dono, alm Kasino dan Indro mangkal?). Di seluruh dunia, orang ngopi sambil ngobrol. Walhasil di Inggris pernah ada masanya dimana ada ungkapan "universitas recehan" (2 penny university? ah, BYKS). Kenapa? karena saking serunya orang ngobrol di warkop cafe ini, kita bisa sepinter lulusan universitas hanya dengan ngobrol sambil ngopi, yang habisnya cuma duit recehan!

Hati-hati dengan geseran kata cafe yaitu.. cafetaria! Kalo ini konon dibentuk juga dari kata cafe/kopi tapi lebih merujuk pada sistemnya. Kalo di cafe orang dilayani, kalo di cafetaria, orang ngambil sendiri/self service.

Terus apa bedanya sama kantin/ canteen? Konon kabarnya lagi.. kantin/canteen adalah cafetaria kecil.. whuaaa... lieur euy..

Bar:
Secara spesifik ini merujuk pada counter tempat menyajikan minuman (yap, tempat para Coyote Girl menari dalam Coyote Ugly movie!). Ada yang bilang katanya ini diambil dari injekan kaki di bawah counter itu yang berupa batangan besi (bar). Tapi ada juga yang bilang ini karena konstruksinya yang mirip sel (terkurung) maka bartender itu berdiri "behind bar" (=dipenjara?). Karena merujuk pada counter, maka bar bisa ada di cafe, restoran, pub, rumah pribadi sampe kamar hotel (ada minibar-nya kan?).

Tapi, di bar mestinya ga mungkin ada cafe-nya..

Pub:
Kerjaannya orang inggris yang bisa ngeracik minuman dan makanan ringan. Sayang-sayang keahliannya nggak ketahuan umum, para juragan ini membuka rumah/bagian rumahnya untuk umum sehingga jadi "public house" atau in short "pub". Pemilik/manager/juragannya sampe sekarang masih disebut sebagai "host", dan harus dihormatin sebagai "host" bukan "waitress"! Hubungan antara host dan visitor
ini lebih kekeluargaan daripada komersial. Kayak main tamu-tamuan gituh.. Bahkan ada pub yang regularnya sampe punya tim sepakbola atau dayung! Nah, denger-denger, di inggris, etika nge-pub ini buanyak banget sampe ada tinjauan sosiologisnya. Para "regular" di pub biasanya dikenali sama host, dan dipanggil "nama". Tradisi gantian traktir minum (sharing round) juga adalah etika di pub.

Saloon:
He..he.. pasti langsung inget Lucky Luke! Ini artinya dalah "ruangan gede". Bisa yang ada di bagian bawah hotel, bisa yang ada di kapal, bahkan kalo mobil sedan yang lega aja sering disebut "saloon". Karena gede itulah, saloon bisa diisi dengan bar, meja makan, lounge, bahkan saking gedenya bisa juga buat berantem, naik kuda atau adu tembak-tembakan.. hayyaahhh.. Lucky Luke bangeeeett..

Lounge:
Ini merujuk pada ruangan yang ada sofanya.. he..he.. ini BYKS banget. Yang jelas ini adalah tempat duduk-duduk yang nyaman gitu deh.. Jadi restoran bisa ada lounge-nya, cafe juga bisa ada lounge-nya.. lha wong ruang tunggu dokter aja kalo pengen nyaman banget bisa dibikin berupa lounge..

Diskotik:
puguh ini mah.. tempat joget!

2 comments:

Anonymous said...

G'day Irvan
I seem to have found Lounge, Pub, Cafe, Bar, Saloon, Diskotik while searching for things on how to cook rice. I can see why, but I'm not sure it's exactly what I'm looking for. Just thought I'd say hello :0)

Anonymous said...

Hello from Las Vegas. I was doing research on bar supply and came across your site Irvan. The title Lounge, Pub, Cafe, Bar, Saloon, Diskotik attracked me. This is good reading, I'll pass it on to my girlfriend. She likes this kind of stuff. If you or any of your readers can help or offer information on bar supply let me know. Glad I ran into your inspiration. I like to read blogs for creative ideas and themes. I get a lot of good ideas for acting. Thanks again for your time. Keep it up.