Thursday, May 26, 2005

Baso Hampor - Garut



Hari Minggu, sambil nganter si Neng yang udah lama nggak mudik ke Garut, saya mampir ke warung bakso legendaris Hampor - H Mamad.

Ini warung kecil, di tepi jalan menuju Kampung Sampireun yang kondang itu. Kalau anda datang dari Bandung, setelah melewati tugu/ bunderan Intan, anda belok kanan, mentok terus belok kiri (kalo ke kanan ke Cipanas). Di belokan pertama, anda belok kanan (menuju ke arah Kampung Sampireun atau Kawah Kamojang). Kira-kira lima menit kemudian anda akan menemukan warung kecil pada bangunan semipermanen.

Apa istimewanya warung ini? Istimewanya, warung ini sudah buka sejak saya mengenal Garut (mid 1970-an) bahkan jauh lebih lama dari itu (konon sih mid 1960-an udah jualan).

Seinget saya, dari dulu rasa baksonya ya begitu itu.. bakso dengan perpaduan aci dan daging yang seimbang. Baksonya mulus, dengan mie kurus atau gendut (bisa milih), bihun dan sayuran berupa sawi dan toge. Tarikannya mah bakso jawa gituh.. khas banget favorit orang Garut/ Tasik.

Satu hal yang saya amati, kuah baksonya sekarang lebih light. Dulu, saya pernah menghindari makan di sini karena kuah baksonya berminyak sekali. Terlihat jelas layer minyak di atas permukaan kuah. Sekarang, sudah tidak lagi. Minyaknya jauuuh lebih moderate. Dan somehow lebih fresh.

Porsinya masih besar, bahkan buat saya. Ini beda sama tarikan bakso jawa yang biasanya tampil dengan porsi menyebalkan (dikit bangets). Setelah dikucuri cuka, saos dan kecap (semua bikinan lokal Garut), rasa bakso ini naik beberapa point. Freshness dari cuka menyeimbangkan gurihnya kaldu. Hentakan sambel yang dibuat dari cabe rawit yang direbus mengalir silih berganti dengan saos berwarna unnaturally red. Tasty.. yummy..

Ga heran, teman Ibunda asal Garut yang pergi merantau ke sebrang selalu menyempatkan makan di sini saat ia pulang kampung

4 comments:

BundaZidan&Syifa said...

duh kecap Tin Tin..
jadi inget temen saya yang orang Garut, seneng ngoleh2i kecap ini :)

Herti Arc said...

nah kayak begini dong ada gambarnya...kalo cerita makanan trus ada gambarnya jadinya tambah uenak..! nice site! jadi terinspirasi cling..buat masak apa hari ini

Anonymous said...

emang TOP da bakso didinya mah tapi lebih TOP bakso nu deket ceplak ... TOP BGT LAH



visit an put your comment at :
http://arai.level9-team.or.id

bambang said...

Kang, saya baru nyobain bakso Hampor kemarin. Emang dasyat. Lebih enak dibanding bakso pengkolan. Adalah lagi bakso Ce Titi di Pasir Pogor, katanya juga dasyat, tapi belum sempat cobain.